Senin, 24 Juni 2013

Pa'nas sosok bapak musang yang khas. ngga perfect, tapi patut disayang dan limited edition.

            Disini, gue mau ngenalin sama kalian tentang wali kelas kita dikelas 83, karna dia walikelas, ya otomatis dia disebut "Bapak Musang", bukan, bukan hewan, manusia kok, bukan seekor Musang jantan sebagaimana dibayangin seharusnya dari kata bapak musang.
            Kalo denger kata pak nasution, hal pertama yang terlintas dipikiran gue tuh satu, senyumannya. iya senyumannya, karna pak nas, singkat panas ajalah ya biar enak. karna panas itu setiap ketemu siapapun, ngelakuin apapun, dan dateng ke kelas tuh pertama kali yang dia lakuin sebelum apa-apa tuh ya satu, nyengir! lu bayangin men, nyengir hampir setiap berpapasan, gimane ngga nyangkut tuh cengiran di otak lu. Kedua, yang terlintas di otak gua lagi setelah cengirannya yang menhantui hidup gua itu terlewat; Kata-katanya men! kalo menurut gue, dia tuh orangnya irit, kenapa gua bilang irit? iyelah, ngomong aja di-iritin. kalo ibarat kamus tuh yang biasanya tebeltebel, kamus kosakata dia itu mungkin cuman setebel buku komik kali, iyeh komik, yang gaterlalu tebel dan banyak gambarnya, 20menit baca bisa langsung bete karna udeh sampe sampul belakang. Panas itu kalo misalkan lo tanya pendapat atau apapun, mungkin dia cuman jawab "hah? oh iyaiya, yaudah gapapa, saya mah ikut aja." kurang irit apaa coba....satu lagi yang gua inget dari panas, yaitu pas gue belajar dikelas dan diakan ngajar ipa tuh, seinget gua sih waktu kelas 8 itu gua gainget apa-apa dari pelajaran dia, iyelah gimana mau inget bor, dia aja ngajar kebanyakan nyatet sedangkan muridnya pada males baca apalagi nyatet. udeh gitu ditambah paket komplit lagi dengan suaranya yang nge-"jazz" aslii bro suaranya alus banget sealus aspal baru adem. mungkin katakata tadi cukup ya buat men-des-krip-si-kan panas, dari katakata tadi. pasti kebanyakan dari kalian mikirnya langsung ke sosok orang yang kalem, murah senyum, gabanyak omong, santai, dan berwibawa. yaitulah panas, guru kamii tercintaa
                Dan sebagai anak murid yang berbakti pada bangsa dan negara, maka kita pun bikin rencana buat bikin surprise party buat panas. panas ngakunya sih lahir tanggal 15Maret. ngakunya loh, karna selidikdemiselidik dan cerita dari dia, ternyata dia jugaa gayakin diaa lahir tanggal berapaa.... yahh dengan rasa harapharap omas.eh cemas. akhirnya kita mutusin untuk tetep ngasih surprise party buat panas tanggal 15 itu,itu tanggal yang kita dapet dari hasil introgasi anaknya sendiri.
                  Sebenernya sih gatau deh ini surprise tuh bisa dihitung beneran berhasil apa ngga. yakarna waktu itu tuh maksudnya kita mau ngasih surprise-nya dengan ngebiarin dia masuk ke kelas tanpa ada murid sama sekali dan didalemnya cuman ada kue. ehhh ternyata rencana itu bisa dibilang gagal, karna apa? karna tak disangka tak diduga, dia jalan lebih cepet dari biasanya! gatau deh pas lagi jalan itu beneran dia atau dia berubah jadi flash (tokoh superhero marvel). karna kemunculannya yang lebih cepet dari durasi biasanya dia jalan dari ruang guru kekelas, alhasil ada yang keliatan sama diaa lagi jalan jongkok buat ngumpetin badannya di beranda kelas, ada yang lagi ngobrol tanpa nyadarin keberadaan dia, dan bodohnya, pas kita udah tau ada dia, kita malah tetep jalanin rencana seperti semula, sekali lagi, seperti semula. iya, yang rencananya kaburr dan langsung ngumpet, tapii ngumpetnya pas didepan komuk diaa gitukann... akhirnya dia bingung dengan muka polos. mungkin kalo gue jadi dia waktu itu, gua bakal mikir gini "gue abis makan siapa coba? kenapa padaa kabur ngeliatt gua....." alhasil dengan muka penuh cengirannya itu, diapun manggil kita "eh kalian kenapa diluar semua? ayo masukmasuk." dan kitapun dengan muka malu dan gatau itu tadi maksudnya kita semua ngumpet didepan komuk dia untuk apa, ikut dia masuk kedalem kelas. dan ininih yang paling ngga gua duga, Pas dia masuk kelas, ternyata diaa tetep terharuu karna liat kue yang ada diatas meja guru itu! ebusett, gua pikir mah ini orang bakalan tau kaloo dia bakal dikasih surprise dengan ngeliat tingkah anak muridnya yang salah tingkah tadi. eh ini? teteup kaget men! teteup! satu kata; Polos. otomatis abis liat gesture tubuh panas yang terlihat shock itu, akhirnya kita memanfaatkan suasana itu dengan nyanyi happy birthday dan ngucapin selamat ulang tahun ke panas. akhirnya kita seperti layaknya orang ulang tahun, kita potong kuenya dan dibagiin satu-satu, udeh dimakann habis kan tuh. etibatibaa panas bertanya dengan suara polos nge-jazznya itu "Kalian mau belajar atau cerita-cerita aja ??" helloo pakkk, anak baru masuk sd aja tauu kalo dikasihh pilihan kayaa gitu apalagi dalam suasana surprise gitu, yapastii pilih cerita-ceritaa lah, kenapaa harus ditanyaaa-___- satu kata lagi; Polos. yadengan muka penuh gairah pun kitaa semuaa jawab "ceritaa pakk!!" dan dia, kali ini dengan tidak poloss menawarkan dirinya buat cerita kehidupan diaa dari kecil sampe jadi guru. dari ceritanya waktu itusih yang masih gue inget banget sampe sekarang. kira-kira dia cerita begini; Jadi, bapak tuh anak dari desa, lahir di desa, makanya bapak gaterlalu mikirin kapan tangal lahir bapak karena disana juga saya gangurus akte kelahiran saya, namanya juga desa, jaman dulu pula. Bapak duluu saat sekolah kaya kalian ini, bapak termasuk murid yang bisa dibilang bandel, bapak tuh dulu tukang pukul. satu kata lagi; Polos. monmaap pak itu contoh kurang bahkan gabaik kenapaa diumbar sama anak muridnya yang masih anak smp poloss ituuuu. trus dia lanjut crita, bapak jugaa dulu waktu sd pernah ada kejadian lucu, bapak sebelum jadi tukang pukul, awalnya sebelum adaptasi sama temen, bapak tuh anak yang pemalu, alhasil karna saking pemalunya, pernah bapak sekali waktu sekolah tibatiba sakit perut gaketahan, tapi karna malu, gaberani ijin, alhasil, bapak bikin arca dikelas (baca; arca=kotoran) satu kata lagi; Polos. pak, itu aib......... abis itu dia cerita lagi jaman kuliahnya, dia bilang dia kuliah merantau ke kota, dan di kuliah itu dia ngambil jurusan jadi guru, trus dia cerita, lagilagi dengan polosnya, dia cerita kalo dia itu baru lulus stelah 12semester, satu kata lagi;Polos. dengan entengnya gitukann dia cerita kalo diatuh anak kuliahan yang keteteran ngerjain skripsi akhir......
                    Yang gue inget sih dari cerita dia itu aja, kayanya sih masih banyak yang lain, tapii lupaaa udah 2tahun yang lalu. singkat cerita, abis cerita panjang lebar kali tinggi sama dengan volume. bel pelajaran pun bunyi, gatau karna emang udah jamnya, atau bel itu jawaban tuhann yang mengabulkan doa kita untuk cepetcepet bel karna bete denger crita penuh hidup seseorang....
                    Dan yang masih gua ingetsampe sekarang itu, pas terakhirnya dia bilang trimakasih sama kita semua dengan mata yang berkaca-kaca seraya berkata "makasih ya, jujur bapak gapernah dirayain ulang tahunnya... bapak tau tanggal lahir bapak aja ngga... makasih yah" satu kata lagi; Polos.......
tapii teteupp, se-polos apapun dia, kita sangat amat sayang samaa panas. sosok bapak kece dengan suara ngejazz yang akhirakhir ini mulai keliatan gaul, akhirakhir iini sih gua liat begitu .__. dan mungkin karna walikelasnya yang konyol kaya gitu juga, makanya anakanak muridnya jadi konyol begini  juga, emang cucok banget tuh 83.
oke, mungkin itu aja sedikit yang bisa gue bahas tentang bapak musang tercintah, tak kenal maka tak sayang, makanya kalian yang baca, khususnya anakanak 18 selanjutnya yang baca supaya makin sayang sama panas yaa,
Maap bila ada salahsalah kata. Mantepin aja~ Enjoyy~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar